Selasa, 01 Maret 2016

Gerhana Matahari



IPA ??? Apa sih sebenarnya IPA itu? Apa hanya sekedar kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan Alam ???
 Sebenarnya IPA adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai fenomena yang terjadi di alam. Berbagai kategori yang dibahas di IPA seperti biologi yang mempelajari tentang makhluk hidup , kimi yang mempelajari tentang reaksi - reaksi antar senyawa, fisika yang mempelajari tentang berbagai energi yang kita gunakan sehari - hari. 
 

Tapi apa yang sebenarnya ingin saya bahas di blog ini adalah kajian IPA dalam skla kecil. Lebih tepatnya topik yang ingin saya bahas adalah tentang fenomena gerhana matahari. 
Belakangan ini kita pasti sering mendengar tentang isu gerhana matahari total yang dipastikan akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 di Indonesia dan sekitarnya. Gerhana matahari total ini hanya dapat dilihat diberbagai daerah saja sedangkan yang lainnya hanya terjadi gerhana parsial.
Terjadinya matahari total ini terjadi dengan menggunakan ilmu sains yang mana apabila piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Pada saat itu, pringan bulan sama besar atau lebih besar dibandingkan dengan piringan matahari. Ukuran piringan matahari dari piringan bulan itu sendiri selalu berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak bumi-matahari dan bumi-bulan.
Untuk melihat lebih jelasnya tentang gerhana matahari klik disini

 Pada gambar disamping dapat dilihat bahwa matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus. Bulan terletak diuantara matahari dan bumi yang menyebabkan cahaya matahari yang harusnya menyinari bumi akan terhalang oleh bulan.
                           
                                                                                     Sumber : www.trendilmu.com
 Ada larangan untuk melihat gerhana matahari secara langsung baik matahari total, matahari cincin, maupun matahari parsial. Untuk keterangan lebih lanjut tentang bahaya melihat gerhana matahari secara langsung klik disini.
                                                              Sumber : ciricara.com
Ada berbagai cara untuk mempermudah kita melihat gerhana matahari supaya tidak berbahaya. Untuk lebih lengkapnya klik disini

0 komentar: